10 Wisata Air Terjun Eksotis Yang Wajib Dikunjungi di Jogja

0
138
views
air terjun jogja
10 Wisata Air Terjun Eksotis Yang Wajib Dikunjungi di Jogja
4.8 (95%) 4 votes

Kota Jogja atau YOGYAKARTA adalah tujuan wisata utama di Pulau Jawa, Indonesia, dengan banyak pesona yang belum terungkap, rasanya segala jenis wisata ada di kota Gudeg ini. Ini beberapa tempat wisata air terjun di Jogja yang wajib dikunjungi.

Berikut kamu rekomendasikan 10 air terjun eksotis di Jogja

1Grojogan Lepo Dlingo Bantul

Wisata alam Grojogan Lepo yang ada di Dlingo, kabupaten Bantul, Yogyakarta ini terlihat mungil namun cantik. Nama Lepo merupakan singkatan dari Ledok Pokoh, yang maksudnya “lembah di Dusun Pokoh”. Air terjun ini memiliki tiga tingkatan, dimana setiap tingkatan memiliki kolam alami dan ukuran berbeda-beda yang bisa digunakan untuk berenang atau hanya sekedar bermain air. Banyak yang bilang bahwa Air terjun di Dlingo ini mirip dengan Erawan Falls di Erawan National Park, Thailand. Terutama ketika saat curah hujan sedah tidak terlalu tinggi, Air di sungai Lepo ini sangat jernih. Untuk sampai ke air terjun Lepo Jogja, dari tempat parkir harus menuruni jalan setapak sekitar 100 meter untuk sampai di kolam alami yang paling atas.

2Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul

Air Terjun Sri Gethuk merupakan salah satu destinasi wisata andalan Kabupaten Gunungkidul selain dari pantai dan pegunungan karst. Air terjun ini berada di tepi Sungai Oya dan bersumber dari tiga mata air yaitu Kedungpoh, Ngandong, dan Ngumbul yang mengalir menjadi satu dan membentuk butiran-butiran air yang jatuh dari tebing bebatuan karst yang tandus. Air Terjun Sri Gethuk juga disebut sebagai Air Terjun Slempret. Nama Slempret sendiri berasal dari legenda yang ada di Desa Bleberan. Menurut cerita yang beredar di masyarakat, air tejun ini merupakan pusatnya para jin dengan pimpinan Jin Anggo Menduro.

3Air terjun kedung kandang Nglanggeran

Jogja memiliki satu-satunya gungung api purba yang terbentuk dari pembekuan magma yang terjadi kurang lebih sekitar 60 juta tahun yang lalu yang benrama Gunung Api Purba Nglanggeran. Di sekitar gunung api purba ini terdapat air terjun eksotis yang unik yaitu Air Terjun Kedung Kandang. Keunikan tersebut adalah karena air terjunnya yang bertingkat-tingkat dan lokasinya yang berada di tengah-tengah persawahan. Di setiap tingkatan terdapat kolam-kolam kecil yang dapat digunakan untuk berendam dan merasakan sejuknya air yang masih alami. Air terjun Kedung Kandang ini akan semakin terlihat indah jika dikunjungi pada saat musim kemarau karena airnya yang lebih jernih.

4Air terjun jurug gedhe

Jurug Gedhe yang dalam bahasa Indonesia memiliki arti air terjun yang besar ini memiliki tinggi sekitar 25 meter dan memiliki 5 buah air terjun anakan yang sangat indah. Jurug Gedhe juga sangat direkomendasikan bagi wisatawan yang hobi fotografi karena banyaknya spot yang dapat diabadikan dengan bidikan lensa kamera. Selain itu di curug ini juga disediakan fasilitas untuk wisata susur sungai, outbond, rappling bagi pecinta adrenalin, serta camping di tengah-tengah suasana alam bebas yang hijau.

5Curug Indah Gedangsari

Curug Indah Gedangsari atau sering juga disebut Curug Tegalrejo karena terletak di Desa Tegalrejo Gunungkidul ini mempunyai daya tarik tersendiri bagi para wisatawan karena keindahan Air Terjun yang bertingkat. Keistimewaan lain dari Air terjun ini adalah airnya yang tetap terlihat jernih dikala curah hujan tinggi tidak seperti air terjun lain di daerah Gunungkidul Yogyakarta yang menjadi lebih keruh berwarna kecoklatan ketika curah hujan tinggi. Banyak sekali spot foto di curug yang terletak di perbatasan Kabupaten Gunung Kidul dan Kabupaten Klaten ini. Dengan background air terjun dan bersandingkan suasana alam yang masih sangat alami serta pemandangan hijau pepohonan akan membuat wisatawan betah untuk berlama-lama di curug ini.

6Curug Sidoharjo

Curug atau Air Terjun Sidoharjo yang berada di daerah Samigaluh Kulon Progo ini merupakan air terjun jogja tertinggi dengan tinggi yang kurang lebih sekitar 75 meter. Untuk menjangkaunya dibutuhkan sedikit perjuangan karena harus berjalan kaki melewati jalan setapak yang cukup lumayan sekitar 1 km dari tempat parkir. Akan tetapi tidak perlu khawatir karena selama perjalanan kita akan disuguhi pemandangan yang menyejukkan mata. Hamparan sawah yang hijau serta menyusuri sisi tebing dapat menepis rasa lelah dalam perjalanan menuju curug. Dan pada akhirnya ketika sampai ke curug semuanya perjuangan yang kita lewati akan terbayarkan dengan indah dan megahnya curug Sidoharjo.

7Curug Cibiru

Air terjun / Curug Cibiru yang terletak di padukuhan Ngentak, Pagarharjo, Samigaluh Kulon Progo ini dapat dibilang belum terlalu populer di kalangan wisatawan karena memang belum terlalu lama dibuka menjadi obyek wisata. Suasana alam di sekitar curug yang ada di Jogja barat ini masih sangat alami sehingga sangat cocok untuk melepas penat hiruk pikuk keramaian kota. Jika berkunjung ke tempat ini jangan lupa sempatkan diri di jembatan bambunya yang instagramable banget.

8Grojogan Watujonggol

Air terjun yang berada di perbukitan menoreh ini menjadi salah satu tujuan dalam rangkaian wisata di Kawasan Wisata Desa Dlinggo selain Kebun teh dan Puncak Kukusan. Air terjun setinggi kurang lebih 40 meter ini memiliki kolam genangan yang tidak terlalu luas dan dalam sehingga dapat digunakan untuk sekedar bermain-main air. Pengunjung juga dapat menikmati bersantai di gazebo dengan ditemani suara gemericik air yang membuat suasana semakin sejuk.

9Air Terjun Kedung Pedut

Wisata alam Kedung Pedut merupakan perpaduan antara air terjun dan kolam-kolam alami berwarna hijau tosca yang sangat indah. Di waterpark alami ini pengunjung dapat bermain air sepuasnya bahkan melompat dari tumpukan batu-batu maupun jembatan bambu. Bermain air di waterpark alami dengan berbagai wahana yang menantang dan menguji nyali akan menjadi pengisi liburan yang sangat berkesan.

10Curug Siluwok

Masih berada di kawasan perbukitan menoreh, Curug Siluwok menawarkan keindahan air terjun beserta kolam alaminya yang begitu menawan. Walaupun debit air di curug ini tidak terlalu deras saat musim kemarau, dengan ketinggian yang dimiliki sekitar 30 meter air terjun ini tidak akan kehilangan pesonanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*