Air Terjun Dua Warna di Kedung Pedut Kulon Progo

203
views
Air Terjun Kedung Pedut
Air Terjun Kedung Pedut

Di balik kokohnya deretan pegunungan menoreh di Kulon Progo, terdapat wisata alam yang sangat luar bisa indahnya dan mempunyai keunikan tersendiri, Air Terjun Kedung Pedut. Banyak foto wisata kulon progo ini yang tersebar di dunia maya, jika diperhatikan secara sekilas Air Terjun Kedung Pedut memiliki dua warna, yaitu putih jernih dan biru toska. Warna biru toska dari Air Terjun Kedung Pedut terjadi secara alami hasil dari pecahan bebatuan pegunungan menoreh yang terkena sinar matahari sehingga memantulkan warna biru toska.

Wisata air terjun ini berlokasi di dusun Kembang, desa Jatimulyo, kecamatan Girimulyo, Kulon Progo. Desa Jatimulyo mendapat penghargaan sebagai desa terbaik no. 2 di Yogyakarta pada tahun 2015. Tidak mudah untuk menuju lokasi wisata hits di jogja yang satu ini, wisatawan akan melewati jalan yang naik turun melewati perbukitan menoreh kulon progo, jalan yang rusak dan berlubang. Disepanjang perjalanan, wisatawan akan disuguhi pemandangan hamparan sawah terasering yang indah, megahnya pegunungan dan tebing tebing tinggi yang kokoh, serta udara pegunungan yang sejuk dan segar.

Setelah sampai di parkiran, wisatawan harus meneruskan perjalanan menuju tengah hutan dengan kondisi jalan yang masih alami. Jalan menuju ke Kedung Pedut memang sengaja tidak dibangun atau di cor untuk menjaga keasrian dan kealamiannya. Jangan lupa membawa baju ganti agar bisa berenang sepuasnya di kedung pedut ini.

Tiket Masuk ke Air Terjun Kedung Pedut

Air Terjun Kulon Progo
Air Terjun Kedung Pedut Kulon Progo

Tiket masuk untuk wisata kedung pedut sangatlah murah, yaitu Rp. 3.000/ orang. Jika wisatawan menggunakan kendaraan pribadi dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 2.000 untuk montor dan Rp. 5.000 untuk mobil. Wisata air terjun Kedung Pedut sebenarnya masih satu aliran dengan wisata alam lainnya yang lokasinya tidak jauh dari kedung pedut, seperti Air Terjun Kembang Soka yang memiliki air terjun bertingkat dan tuk mudal atau mata air mudal. Mata air mudal inilah yang menjadi sumber air utama bagi Air Terjun Kembang Soka dan Air Terjun Kedung Pedut.

Terdapat beberapa kedung yang berbeda di lokasi Kedung Pedut yaitu Kedung Merak, Kedung Merang, Kedung Lanang, Kedung Wedok, dan Kedung Anyes. Setiap kedung memiliki kedalaman berbeda antara 2 sampai 5 meter. Air di kedung ini sangatlah jernih cocok bagi wisatawan yang ingin bermain air dan mencoba berenang di kedung ini. Aliran air sungai yang bersih senantiasa mengaliri kedung ini sehingga air di Kedung Pedut selalu penuh.

Fasilitas yang ada di wisata alam Kedung Pedut kurang memadai. Semua fasilitas yang ada seperti kamar mandi, toilet, dan musholla adalah hasil dari swadaya masyarakat sekitar. Tersedia pula warung-warung makan dengan harga yang cukup terjangkau dan juga tempat parkir yang sangat luas. Pengelolaan wisata alam Kedung Pedut sampai saat ini berada di bawah naungan desa wisata Jatimulyo.

Please rate this