Air Terjun Kedung Pedut, Cantiknya Wisata Air Dua Warna di Yogyakarta

586
views
Kedung Pedut Spot Terbaik Bermain Air Di Yogyakarta
Kedung Pedut Spot Terbaik Bermain Air Di Yogyakarta (image: okezone.com)

Apa yang jadi pertimbangan kamu saat berwisata ke air terjun? Apakah karena alirannya yang deras, ataukah karena kejernihan airnya?

Kalau kamu memang hobi berwisata ke air terjun, barangkali air terjun yang satu ini bisa jadi pilihan tempat wisata terbaik buatmu. Namanya adalah Air Terjun Kedung Pedut, atau Curug Kedung Pedut dalam Bahasa Jawa. Keunikan wisata air terjun ini terletak pada warna airnya yang berwarna putih dan hijau tosca.

Hah, kok bisa?

Ternyata, selain punya aliran deras dan air yang segar, Air Terjun Kedung Pedut memang lain daripada yang lain. Sebagian dari air Kedung Pedut berwarna hijau tosca lantaran ada bebatuan jenis khusus di dasar sungainya. Permukaan bebatuan ini memancarkan sinar matahari hingga bisa menjadikan warna air menjadi unik seperti ini.

Tinggi Air Terjun Kedung Pedut adalah 15 meter. Air terjun ini dikepung oleh keindahan Bukit Menoreh yang sangat memesona. Biar wisatawan nggak capek pas berwisata ke sini, di kawasan tempat wisata Air Terjun Kedung Pedut juga disediakan kursi dan bangku panjang untuk duduk-duduk. Ada juga jembatan bambu yang bisa digunakan sebagai pijakan untuk melompat ke dalam air. Segarrr!

Baca juga: 21 Tempat Wisata Menarik di Kulon Progo

Nggak cuma menyediakan kursi dan bangku untuk beristirahat, fasilitas yang tersedia di Kedung Pedut juga cukup lengkap. Kamu nggak akan kesulitan untuk menemukan fasilitas seperti kamar mandi, menara pandang, warung makan, dan lain-lain. Jadi, puas-puasin berenang sambil menikmati fasilitas yang lengkap ini.

Air Terjun Kedung Pedut
Air Terjun Kedung Pedut (image: gozzip.id)

Jika ingin berendam dengan lebih santai, di Kedung Pedut juga terdapat kolam-kolam pemandian yang bisa digunakan para wisatawan untuk berendam. Kebayang kan, kayak apa asyik dan tenangnya berendam di kolam Kedung Pedut yang mata airnya langsung diambil dari sumber air alami. Semua penat dan pusing kamu pasti sirna seketika. Jadi nggak nyesel deh udah jauh jalan-jalan ke Jogja. Soalnya air terjun dua warna yang satu ini emang cakep banget, sih!

Untuk menuju ke Air Terjun Kedung Pedut, Anda perlu berkendara menuju Dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta. Namun, sebagaimana air terjun pada umumnya, track menuju ke Air Terjun Kedung Pedut ini sedikit menantang. Jika sedang musim hujan, jalan setapak yang dilewati bisa menjadi lebih licin. Jadi, Anda harus berhati-hati untuk menuju ke Air Terjung Kedung Pedut ini.

Nah, kamu nggak usah ragu lagi buat berangkat ke Jogja. Cari aja hotel di Jogja yang dekat dengan tempat wisata Kedung Pedut. Kalau mau lebih cepat buat sampai ke Jogjanya, kamu bisa cari tiket pesawat dengan tujuan ke Bandara Internasional Adisutjipto.

Yuk, tamasya rame-rame ke Kedung Pedut Jogja!

 

5/5 (1)

Please rate this