Indahnya Air Terjun di Pantai Jogan Yogyakarta

343
views
Air Terjun Pantai Jogaj
Air Terjun Pantai Jogaj

Pantai jogan terkenal dengan keeksotisan pemandangan indah pantainya dan juga air terjunnya yang memukau. Inilah yang tidak akan bisa wisatawan temui di pantai-pantai lain di jogja, pemandangan air terjun yang airnya langsung turun dari perbukitan karst yang berada di belakang Pantai Jogan. Air dari air terjun Pantai Jogan langsung bermuara ke laut, hal ini dikarenakan Pantai Jogan tidak mempunyai garis batas laut. Keberadaan pantai ini bagaikan harta karun tersembunyi di Gunungkidul. Pantai Jogan di kelilingi oleh  tebing yang tinggi dengan dinding tebing pantai yang tajam dan batuan batuan karang koral yang kokoh.

Pantai Jogan berlokasi di Desa Purwodadi Kecamatan Tepus Kabupaten Gunungkidul. Dibutuhkan waktu selama kurang lebih dua jam dari pusat kota Yogya menuju lokasi Pantai Jogan dengan menempuh jarak 70 Km. Jalan menuju lokasi pantai Jogan lumayan menantang, jalannya naik turun, berliku liku, dan kadang akan ditemui tikungan yang tajam. Sepanjang perjalanan wisatawan bisa menikmati pemandangan indah perbukitan kapur, dan hijaunya sawah dan ladang di kiri kanan jalan.

Untuk bisa menikmati guyuran air terjun dari perbukitan karst, wisatawan harus turun ke bawah melewati bukit kapur yang jalannya lumayan licin. Ada pegangan kayu ditepi jalan untuk menopang tubuh agar tidak terpeleset, namun wisatawan harus tetap berhati hati. Setelah itu wisatawan akan dihadapkan tantangan selanjutnya yaitu melewati batuan karang yang banyak dihuni oleh bayi-bayi kepiting. Bila beruntung, wisatawan juga bisa melihat gerombolan kupu-kupu yang indah di batuan karang. Selain turun dengan berjalan kaki, ada satu lagi cara yang bisa wisatawan gunakan untuk menuruni tebing yang curam yaitu dengan teknik rapelling di air terjun. Tentu saja diperlukan perlengkapan yang lengkap dan kemampuan yang mumpuni untuk melakukan teknik ini.

Pantai Jogan Gunungkidul
Pantai Jogan Gunungkidul

Karena berbatasan langsung dengan laut, tak jarang banyak ombak besar yang datang menghampiri dan menghantam batuan karang yang tajam. Suara ombak besar ini bagaikan dentuman air yang sangat keras. Sangat tidak disarankan untuk bermain air dilokasi ini, sebaiknya wisatawan menikmati keindahan pantai dan air terjun dari kejauhan. Selain sebagai objek wisata, air terjun pantai Jogan banyak dijadikan spot berburu foto bagi para fotografer dan traveller. Banyak sesi foto baik prewedding maupun modelling yang dilakukan di lokasi ini.

Tiket masuk ke Pantai Jogan adalah sebesar Rp. 5.000/ orang. Dengan membayar tiket seharga Rp. 5.000 tersebut wisatawan juga bisa berkunjung ke Pantai Siung dan Pantai Nglambor yang berada di sebelah Pantai Jogan. Tarif parkir kendaraan adalah sebesar Rp. 2.000. disarankan kepada wisatawan yang ingin berkunjung ke Pantai Jogan untuk membawa bekal sendiri, karena penjual makanan masih sangat jarang ditemui dilokasi ini.

Please rate this