Air Terjun Sri Gethuk, Wisata Alam Jogja Tahun Baru-an 2018

206
views
Air Terjun Sri Gethuk
Air Terjun Sri Gethuk

Jika Anda ingin berwisata ke Grand Canyon, tak perlu jauh-jauh pergi ke Amerika karena di Jogja ada wisata alam seru dengan pemandangan sangat indah. Nama wisata alam ini adalah Air Terjun Sri Gethuk yang berada di Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul. Air terjun ini tidak pernah berkurang jumlah airnya meskipun pada musim kemarau. Jadi Anda bisa mengunjungi wisata alam ini kapanpun sesuai dengan keinginan Anda.

Nama Air Terjun Sri Gethuk diambil dari nama “Kethuk” yang merupakan salah satu nama alat musik gamelan. Alat musik ini dimiliki oleh salah satu makhluk halus yang bernama jin Anggo Meduro. Karena lokasi air terjun ini dianggap sebagai penyimpanan “kethuk”, maka air terjun ini kemudain dinamakan dengan Air Terjun Sri Gethuk. Konon pada siang hari, masyarakat sering mendengar alunan musik gamelan yang berasal dari lokasi sekitar air terjun.

Lokasi Wisata Alam Air Terjun Sri Gethuk

Papan Selamat Datang Di Sri Gethuk
Papan Selamat Datang Di Sri Gethuk

Lokasi wisata alam ini berada di tepi sungai Oya. Akses menuju lokasi ini cukup mudah karena banyak papan penanda jalan menuju lokasi. Namun sangat disarankan menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan baik mobil maupun motor, karena sangat sulit menemukan kendaraan umum menuju lokasi Air Terjun di Gunungkidul ini.

Tiket Masuk Air Terjun Sri Gethuk

Tiket masuk wisata alam Air Terjun Sri Gethuk cukup murah, hanya Rp. 3.000 saja. Jalanan menuju lokasi ini cukup menantang terutama pada musim penghujan karena sangat licin. Sebaiknya gunakan sepatu atau sandal gunung agar Anda tidak terpeleset. Anda bisa melalui jalan setapak yang terjal atau bisa juga dengan meyusuri sungai Oya menaiki perahu yang disewakan di pinggir sungai.

Jika Anda memilih menuju lokasi Air Terjun Sri Gethuk menggunakan perahu, sebaiknya berkunjunglah pada pagi hari ketika air sungai tidak pasang dan arus sungai cukup tenang. Di sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhi pemandangan batuan kapur yang indah, perpohonan rindang yang hijau, serta sejuk dan segarnya udara sekitar. Hanya butuh waktu kurang dari 15 menit, Anda akan sampai di lokasi wisata alam Air Terjun Sri Gethuk.

Bagi Anda yang menyukai wisata alam yang menantang sekaligus mendapatkan pengalaman yang terlupakan, berwisata ke salah satu Air Terjun di Jogja ini bisa menjadi pilihan yang wajib Anda coba apalagi pada moment libur panjang natal atau tahun baru. Akan lebih menyenangkan lagi jika Anda berwisata bersama teman-teman atau keluarga. Di wisata alam tersebut, Anda bisa bermain-main air sepuasnya dan menikmati segarnya air yang langsung turun dari atas Air Terjun Sri Gethuk.

Fasiltas yang ada pada Air Terjun Sri Gethuk cenderung tidak lengkap, hampir sama dengan wisata air terjun lepo yang ada di dlingo. Jadi sebaiknya Anda membawa bekal sendiri agar Anda tidak kehausan dan kelaparan. Meskipun begitu Anda harus tetap menjaga kelestarian alamnya dengan tidak membuang sampah sembarangan. Jika Anda mencari tempat wisata alam untuk merayakan tahun baru, Air Terjun Sri Gethuk bisa menjadi salah satu alternatif wisata alam yang patut Anda perhitungkan.

5/5 (1)

Please rate this