Candi Borobudur, Warisan Dunia yang Menjadi Objek Wisata

316
views
Candi Borobudur
Candi Borobudur

Mengunjungi situs atau tempat wisata yang kaya akan sejarah dan kebudayaan merupakan salah satu kegiatan traveling yang menyenangkan. Selain bisa menikmati keindahan alam dan keunikan tersendiri dari situs tersebut, wisatawan juga bisa sedikit belajar mengenai bagaimana sejarah dari situs tersebut. Di Indonesia sendiri ada banyak situs budaya yang dijadikan sebagai salah satu tempat wisata di Jogja dan sekitarnya.

Salah satu yang paling terkenal di Indonesia dan dunia adalah Candi Borobudur. Candi Borobudur adalah candi Buddha terbesar yang pernah ada di dunia. Tempat wisata ini bahkan telah disepakati oleh UNESCO sebagai warisan dunia pada tahun 1991 silam. Banyak misteri tentang tempat bersejarah ini, bagaimana dulu cara membangunnya. Hingga saat ini tempat wisata ini masih menjadi icon wisata di Indonesia, khususnya wisata jogja yang biasanya menjadi satu paket dengan Pantai Parangtritis dan Malioboro. Keunggulan yang bisa didapatkan saat berkunjung ke tempat wisata ini antara lain adalah :

  • Akses menuju tempat wisata yang mudah dilalui
  • Fasilitas yang sangat lengkap dan siap memanjakan wisatawan yang berkunjung
  • Harga tiket masuk yang terjangkau dan cocok untuk semua kalangan
  • Kondisi situs yang masih terawat hingga saat ini
  • Pemandangan alam disekitar yang bagus untuk dijadikan sebagai obyek potret kamera Anda.

Tempat wisata edukasi terbaik di Indonesia ini dipercaya dibangun sejak tahun 824. Bangunan fisiknya sendiri terbuat dari balok vulkanik yang dibentuk secara apik menjadi 504 arca Budha, stupa induk yang berada di tengah-tengah dan 7 stupa. Mitos yang beredar di masyarakat, siapapun yang bisa menyentuh stupa dengan menggunaan tangannya, maka apa yang ia inginkan bisa terwujud. Di Candi Borobudur juga dilengkapi banyak souvenir yang sangat lengkap. Sebut saja seperti miniatur candi, kaos khas Borobudur, gantungan kunci, kipas dan masih banyak lagi.

Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini di hari raya Waisak biasanya dijadikan sebagai tempat pusat berkumpulnya umat Budha yang ada di dunia, seperti Thailand dan Tibet. Nah, saat hari raya Waisak inilah yang paling dinantikan oleh wisatawan. Karena ada pelepasan lampion. Yang mana lampion tersebut dilepaskan dengan disertai harapan dan doa terbaik untuk kedepannnya. Bagaimana? Apakah Anda tertarik mengunjunginya.

4/5 (1)

Please rate this