Eksotisme Wisata Alam Mangunan, Dlingo Bantul

0
199
views
wisata mangunan

Wisata Mangunan – Dlingo merupakan salah satu kecamatan di Bantul. Untuk wilayah DIY, Bantul memang memiliki tempat wisata yang sedikit, yang terkenal hanyalah Pantai Parangtritis, tapi itu dulu.

Beberapa tahun terakhir ini, Bantul sudah mulai mengexplor tempat-tempat wisata terutapa wisata alam. Karena secara geografis, dlingo memiliki puncak tinggi yang berada di desa dlingo. Berikut beberapa tempat wisata Mangunan Yogyakarta yang lagi Hits sejak pertengahan 2016.

Wisata Mangunan Jogja

Menikmati pemandangan dengan udara yang sangat sejuk bisa menjadi sarana relaksasi di tengah penatnya suasana kota. Nah, di bantul yogyakarta ada tempat tersembunyi yang sejuk dan indah dipandang mata, julukannya adalah negeri di atas awan yaitu Tempat Wisata Mangunan. Salah satu daya tarik gardu pandang mangunan adalah dari ketinggian 200 m dari permukaan air laut pengunjung dapat menikmati gumpalan awan di atas pegunungan sewu. Tempat wisata jogja yang berada di kecamatan dlingo imogiri tak pernah sepi oleh pengunjung tujuan utamanya adalah melihat terbit dan tenggelamnya matahari. Sambil sejenak melepas penat dan menghirup sejuknya udara di tengah hijaunya kebun buah.

Jurang Tembelan Mangunan
Spot Foto Jurang Tembelan Mangunan
mangunan jogja
rumah pohon di tempat wisata mangunan

Taman buah mangunan dibangun pemerintah Bantul pada tahun 2013 silam, diatas tanah seluas 23 hektar terdapat banyak pohon buah diantaranya belimbing, rambutan dan durian. Terdapat juga rusa yang dipelihara di sini, yang menarik pengunjung bisa ikut memberi makan untuk menikmati keseruannya. Untuk menikmati fasilitas Kebun buah Mangunan, pengunjung harus membeli tiket Rp 5.000 per orang, ilah mengapa wisata alam di jogja ini termasuk tempat wisata murah yang ada di jogja. Sangat murah bila dibandingkan dengan keindahan yang ditawarkan. Dari bukit ini kita melihat keindahan jogja dari sudut lain, jadi jangan lewatkan tempat liburan di jogja.

Thiwul Ayu Mbok Sum

thiwul ayu dlingo
thiwul ayu “mbok sum” dlingo. credit foto: bahasarakyat.com

Setelah menikmati udara sejuk di tengah perbukitan, pastinya perut sudah keroncongan pengen makan atau sekedar cari oleh-oleh untuk dibawa pulang. Di Dlingo juga terdapat kuliner yang lagi Hits dan menjadi primadona sebagai oleh-oleh dan diburu oleh orang perkotaan, yaitu Tiwul Ayu Mbo Sum.

Bagi warga yang hidup di perkotaan mungkin kurang mengenal yang namanya Tiwul, sejenis makanan pengganti nasi sebagai sumber karbohidrat, terbuat dari singkong. Tiwul yang sering diidentikkan dengan makanan orang desa, kini tak lagi berlaku. Karena nyatanya Tiwul Ayu Mbok Sum ini justru menjadi incaran para wisatawan yang berlibur ke Yogyakarta. Selain ingin mengenang makanan masa kecil, mereka juga menjadikannya sebagai oleh-oleh. Apalagi Tiwul Jogja yang dijual saat ini jauh berbeda dibandingkan dimasa lalu, karena diolah dengan berbagai cita rasa. Mulai rasa manis dengan campuran gula pasir atau cokelat hingga keju, tak heran jika banyak yang meminatinya.

Dengan dimodifikasi seperti ini kesan tiwul sebagai makanan yang tak berselera lenyap sudah, bahkan popularitasnya di dunia kuliner bisa terus meningkat. Saat ini sudah banyak yang memburu sebagai Oleh-Oleh Tiwul Jogja. Terutama pengunjung dari tempat wisata mangunan jogja

Eksotisme Wisata Alam Mangunan, Dlingo Bantul
Rate this post

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*