Liburan Seru Dan Asyik Di Goa Pindul Yogyakarta

0
8
views
Goa Pindul
Goa Pindul

Gua pindul adalah salah satu objek wisata menyusuri goa dibawah tanah melalui aliran sungai yang mengalir sepanjang lorong. Asal nama goa ini berasal dari kata “Pipi” dan “kebendul” disingkat pindul. Goa Pindul mempunyai panjang kurang lebih 350 meter dengan lebar rata rata antar dinding goa sebesar 5 meter. Goa Pindul memiliki kedalaman 5 hingga 12 m, sedangkan jarak permukaan air goa dengan atap goa adalah sekitar 4 m. Untuk menyusuri Goa Pindul ini diperlukan waktu sekitar 40 sampai 60 menit.

Lokasi wisata Goa Pindul berada di desa Bejiharjo kecamatan Karangmojo kabupaten Gunungkidul, atau sekitar 50 km dari kota Yogya. Untuk menuju ke lokasi tersebut sangatlah mudah, wisatawan bisa menempuh perjalanan dengan menggunakan bus yang memakan waktu kurang lebih 1,5 jam. Rute yang bisa ditempuh dengan menggunakan angkutan umum dan bus umum adalah dari malioboro menuju ke terminal Giwangan kemudian naik bus jurusan Wonosari Gunungkidul dan turun di perempatan Grogol. Sampai di perempatan Grogol naik ojek menuju ke Goa Pindul. Wisata alam Gua Pindul ini cocok bagi para traveller yang menyukai tantangan. Ada jalur track yang bisa dilewati bagi para traveller yang ingin berkunjung ke Gua Pindul Gunungkidul Yogya.

Goa pindul memiliki 3 bagian, yang pertama yaitu zona terang, pada bagian ini ruangan goa terkesan terang karena banyak cahaya yang bisa masuk dan wisatawan bisa menikmati keindahan Goa Pindul dengan jelas, banyak ikan ikan besar yang ada di zona ini. Yang kedua adalah zona remang, disini cahaya yang masuk sangat sedikit, dan zona yang terakhir adalah zona gelap, memerlukan alat penerangan untuk menyusuri zona gelap ini. Diperlukan waktu kurang lebih 45 menit untuk menyusuri semua zona di atas.

Wisata Goa Pindul
Wisata Goa Pindul

Harga tiket masuk wisata Goa pindul adalah sebesar Rp. 35.000/ orang. Harga tersebut sudah termasuk biaya sewa jaket pelampung, ban tubing, dan jasa pemandu atau guide. Kebanyakan pemandu di Goa Pindul berasal dari warga sekitar yang mengenal betul dengan karakter dan sejarah Goa Pindul. Setiap wisatawan yang ingin menyusuri Goa Pindul wajib menggunakan jaket pelampung agar tidak tenggelam.

Di dalam penyusuran Goa, wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan stalagtit dan stalagmit yang sangat indah. Stalagtit di Goa Pindul mendapatkan peringkat ke 4 terbesar di dunia. Di dalam Goa wisatawan juga akan menjumpai kelelawar-kelelawar yang berterbangan dan batuan dengan bentuk unik. Salah satu spot favorit di Goa Pindul adalah suatu zona dimana cahaya indah akan menyinari goa dari atas seperti cahaya dari surga atau yang populer disebut hidden paradise of Yogya. Cahaya hanya bisa terlihat jika wisatawan berkunjung pada jam 10 sampai 12 siang pada cuaca yang cerah.

Please rate this

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*