Hutan Mangrove Pantai Congot di Kulon Progo yang Instagramable

0
180
views
hutan mangrove
mangrove kulonprogo. foto: @indri_istwiari

Hutan Mangrove Kulon Progo – Mungkin masih cukup asing di telinga. Salah satu tempat wisata jogja yang hits di sosial media, khususnya di instagram ini selalu ramai disaat libur akhir pekan. Kabupaten Kulon Progo yang masih berada di provinsi DIY ini tidak kalah indah dengan kabupaten lain, banyak obyek wisata kulon progo yang terus dikembangkan dan diolah dengan baik. Pasalnya banyak sekali sumber daya alam yang diolah dan dijadikan objek wisata, sehingga bisa dinikmati dan dikunjungi oleh wisatawan. Mulai dari gunung di perbukitan menoreh (wisata alam kalibiru), wisata pantai (mulai dari pantai glagah yang paling timur hingga hutan magrove kulon progo di ujung barat), wisata air terjun, hingga waduk. Dengan banyaknya sumber daya alam yang ada di Kulon Progo, maka tidak dapat dipungkiri jika wisata alam di DIY juga sangat banyak dan dari berbagai kabupaten.

Nah, selain itu pada tahun yang akan datang, bandara Internasional Yogyakarta juga akan dipindah di kabupaten ini, maka sangatlah menarik jika kita menyelami daerah ini untuk sekarang. Seperti salah satu tempat wisata yang berada di dekat pembangunan bandara baru, yaitu hutan mangrove kulon progo di pantai congot.

Rute menuju Pantai Congot atau Pasir Mendit

Dari arah kota Jogja ambil arah Jalan Wates lurus saja ikuti jalan Wates hingga sampai di Patung Nyi Ageng Serang, dari situ ambil arah ke Purworejo lurus terus melewati Terminal Wates, lurus lagi 10 km hingga melewati rumah makan Padang Murah Meriah (agak gede sih) setelah itu akan ada pertigaan berbentuk huruf Y lalu ambil arah ke kiri hingga ketemu Jembatan Congot. Kemudian dari situ ke arah barat sekitar 100 meter sebelah kiri jalan ada papan nama Dusun Pasir Mendit, masuk ke situ dan sudah banyak penunjuk jalan menuju ke lokasi Hutan Mangrove Kulon Progo.

Keseruan apa yang ada di Mangrove Kulon Progo

hutan mangrove kulon progo
mangrove pantai congot. foto source piknikasik.com

Hutan Mangrove di Pantai Congot ini memang memiliki letak di paling barat Kabupaten Kulon Progo dan berbatasan dengan Purworejo. Ditempat wisata ini para pengunjung akan disuguhi dengan pemandangan hijau yang berada di atas air. Dengan tanaman mangrove yang berjajar dengan rapi dan hijau iniĀ  membuat daya tarik tersendiri. Selain itu untuk menjelajahi hutan mangrove kulon progo, di lokasi sudah dibangun jembatan dari bambu disamping taman. Nah, tempat ini memang sangat cocok untuk mencari foto yang bagus, seru-seruan bersama keluarga ataupun pasangan. Dengan biaya kisaran lima ribu rupiah, para pengunjung sudah dapat berkeliling di tempat wisata ini. Banyak sekali spot foto yang sudah disediakan oleh pihak pengelola. Maka jangan takut untuk kehabisan ide berfoto.

spot foto di hutan mangrove kulon progo
spot foto di mangrove pantai congot. foto source chirpstory.com

 

Selain hal diatas, ada beberapa icon yang cukup terkenal di media sosial dari Hutan Mangrove Pantai Congot ini. Seperti menara yang mirip dengan menara Eifel namun terbuat dari bambu, dan kulit kerang besar nan cantik. Jadi para pengunjung bisa berfoto ditempat ini dengan latar arsitektur bangunan yang kreatif dan indah dipandang. Namun ada beberapa hal yang patut untuk dipatuhi para pengunjung. Berikut peraturan yang harus dipatuhi.

  1. Dilarang membuang sampah sembarangan
  2. Jaga tata krama yang berlaku
  3. Menghormati setiap peraturan yang ada
  4. Dilarang mengambil sesuatu kecuali gambar.
  5. Dilarang membunuh sesuatu kecuali waktu.

Hutan Mangrove Kulon Progo

Selain Mangrove di pantai congot, juga ada hutan mangrove di kulon progo yaitu pantai pasir kadilangu. Tempatnya juga banyak spot selfie-nya, pokonya instagramable lah.

Hutan Mangrove Pantai Congot di Kulon Progo yang Instagramable
Rate this post

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*