Makanan Tradisional Khas Kulon Progo yang Masih Eksis

0
516
views
makanan tradisional kulon progo
cenil

Beberapa Makanan Tradisional Kulon Progo yang Masis Eksis – Jenis makanan ini masih sangat populer dan masih banyak kita jumpai pada tahun 80an, kala itu tingkat ekonomi masyarakat masih rendah dan untuk mendapatkan kebutuhan pokok seperti beras masih sangat sulit. Singkong menjadi salah satu alternatif untuk sumber karbohidrat pengganti beras.

Di tahun 90an masih banyak menemui makan olahan dari singkong lainnya. Seiringnya perkembangan waktu, beberapa makanan dari singkong sudah merupakan makanan langka yang nyaris punah dan sulit mencari keberadaannya. Namun di Kulon Progo, makanan tradisional seperti Geblek, Cethot, dan Growol masih banyak ditemui.

Makanan Tradisional yang Masih Eksis di Kulon Progo

1Makanan Tradional Geblek

Geblek, image from masakandapurku.com

Geblek merupakan makanan khas Purworejo, terutama purworejo perbatasan dengan Kulon Progo. Geblek mungkin tidak bisa dikatakan makanan khas Kulon Progo, namun menjadi jajanan pasar tradisional yang masih banyak dijumpai di Kulon Progo.

Geblek bisa dibilang seperti Cireng dari Bandung “bahan yang digunakan sama” namun yang berbeda adalah bentuk dan rasanya. Jika cireng memiliki banyak rasa seperti pedas atau lainya, Sedangkan geblek hanya memiliki rasa asli dari aci yang digoreng saja dan bentuknya seperti angka delapan.

2Cethot

cethot, image from tepussomorejo.blogspot.co.id

Cethot juga merupakan salah satu jajanan pasar tradisional yang masih bisa djumpai di pasar. Biasanya dijajakan oleh penjual yang juga menjajakan makanan khas lainnya yang disebut dengan Growol.

Cethot merupakan makanan tradisional sejenis kue olahan yang berbahan dasar singkong. Singkong untuk bahan baku cethot haruslah yang sudah tua benar dan keadaan segar tidak wayu. Singkong segar itu dikupas lalu diparut.┬áParutan singkong kemudian dikukus sampai matang (sekitar 1 jam – 1,5 jam), tandanya adonan berubah menjadi kenyal.

Cara penyajian cethot setelah dingin dipotong bentuk kotak ukuran 5 X 5 cm. Cethot cocoknya dimakan dengan srundeng, yakni kelapa parut yang diberi bumbu ketumbar, lengkuas, salam, bawang merah/putih, serta gula merah, lalu disangrai sampai warna kecokelatan.

3Cenil

cenil

Cenil adalah makanan jajanan tradisional pasar yang berbentuk bulat-bulat kecil berawarna-warni dan kenyal saat dikunyah. Memiliki ciri khas warna-warni dan bentuk bulat dengan taburan kelapa. Rasanya manis karena taburan gula pasir atau gula cair diatasnya. Makanan tradisional khas kulon progo ini terbuat dari sari pati ketela pohon. Di beberapa tempat ada yang mengatakan bahwa cenil ini memiliki nama lain cethot.

4Growol

Growol adalah makanan pokok khas Kulon Progo dan sudah lama dikonsumsi warga sana. Growol juga makanan yang terbuat dari singkong. Tekstur dan kualitas singkong memengaruhi lama kualitas growol, karena jika singkong yang digunakan mengandung banyak air hasil growolnya lebih cepat basi dan bau.

Bagi yang sudah tahu dan terbiasa dengan cita rasanya, Growol menjadi makanan yang lezat jika dimakan dengan dicampuri parutan kelapa. Makanan ini banyak dijumpai di pasar tradisional pedesaan di kulon Progo saja.

5Benguk Santen

image : wisata-kulonprogo.blogspot.co.id

Tempe benguk biasanya berukuran agak besar, namun tempe bengok berukuran kecil yang dimasak dengan santan kental, menjadi makanan tradisional favorit di Kulon Progo. Biasanya makanan ini dijajakan oleh perempuan lansia (nenek-nenek) di pinggir jalan, bersamaan dengan jualan Geblek dan tempe koro saat menjelang sore hari.

4.5/5 (2)

Please rate this

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*