Misteri dan Mitos Tempat Wisata di Jogja

305
views
Sumbu Filosofi Garis Imajiner Jogja
Sumbu Filosofi Garis Imajiner Jogja. (img by jogjasiana.net)

Kebudayaan Jawa tidak terlepas dengan misteri-misteri yang berhubungan terciptanya suatu adat, tempat maupun cerita legenda yang tidak dapat dibuktikan dengan teori modern sekalipun. Entah percaya atau tidak, mitos atau fakta, tidak ada bukti yang kongkret, karena itu terjadi sudan ratusan bagkan ribuan tahun yang lalu. Berikut beberapa misteri tempat-tempat di Jogja yang hingga sekarang menjadi cerita turun temurun.

1Misteri Garis Lurus Imajiner Yogyakarta

Garis Imajiner Jogja

Adakah yang menyadari jika Gunung Merapi – Tugu Jogja – Keraton Jogja – dan Pantai Parangtritis berada dalam satu garis lurus jika dilihat dari citra satelit. Hal ini memang benar adanya, walau tidak benar 100% karena sedikit meleset beberapa derajat, tetapi tidak mengurangi nilai filosofi di dalamnya. Garis Imajiner ini kemudian dipercaya sebagai simbol keharmonisan antara dua elemen alam yaitu Api (Gunung Merapi) dan Air (Pantai Parangtritis) yang tercermin dari kearifan lokal masyarakat Kota Jogja. Mungkinkah ini sebuah kebetulan atau sehebat apa perancang bangunan-bangunan seperti Tugu, Keraton, dan panggung Krapyak sehingga bisa menentukkan titik-titik pembangunan berada dalam garis lurus Gunung Merapi dan Parangtritis? Biarkan tetap menjadi misteri dibalik keindahan Kota Yogyakarta.

 

2Misteri Candi Ratu Boko

Ratu Boko Sunset. (idsejarah.net)

Candi Boko atau ada yang menyebutnya Candi Ratu Boko ini menurut penelitian disimpulkan merupakan bekas dari komplek istana kerajaan zaman Mataram kuno. Kesimpulan tersebut diambil dari beberapa petunjuk seperti terdapatnya gerbang gapura, pendopo atau keraton ratu boko, pemandian. Struktur bangunan yang lain juga  menunjukkan bahwa komplek Candi Ratu Boko lebih menyerupai kerajaan dimbanding Candi. Entah benar atau salah kesimpulan itu, namun keindahan peninggalan sejarah ini sangat sayang untuk dilewatkan.

Selain pemandangan pegunungan yang udaranya masih sejuk, pengunjung juga dapat menikmati momen sunset.Bukan bermaksud melebih-lebihkan tetapi pernah ada wisatawan asing yang menyatakan bahwa sunset di Candi Boko merupakan sunset terindah di Bumi. Dibalik keindahan candi ratu boko, terdapat mitos yang sedikit ekstrim. Katanya kalau ada pasangan yang berkunjung kesini bisa menyebabkan hubungan pasangan tersebut putus, dan jika perempuan datang candi ratu boko sendirian, akan mengakibatkan orang tersebut telat menikah. Tapi kembali lagi ke masing-masing pribadi, percaya atau tidak biarkan itu menjadi urban legendnya kota pelajar yang selalu istimewa ini.

3Misteri Candi Sewu dan Prambanan

Candi Sewu (brahmaadjietravelling.blogspot.co.id)

Candi Sewu atau dalam bahasa Indonesia Candi Seribu terletak tak jauh dari komplek Candi Prambanan yang merupakan Candi Hindu terbesar. Meski bersebelahan dengan candi Hindu, Candi Sewu merupakan candi Budha terbesar kedua setelah Candi Borobudur. Hal ini mungkin dapat menunjukkan bahwa pada zaman dahulu uman Hindu dan Budha harmonis hidup berdampingan. Candi yang sebenarnya berjumlah 249 ini kemudian oleh masyarakat disebut Candi Sewu karena berdasarkan kepada legenda Roro Jonggrang. Yaitu legenda seorang Ratu yang meminta seorang Bandung Bondowoso untuk membuat seribu candi dalam waktu semalam  jika ingin menikahi putri Roro Jonggrang.

Dengan bantuan makhluk halus dan sebangsanya, Bandung Bondowoso nyaris mnyelasaikan 1000 candi dalam semalam jika tidak diganggu oleh Putri Rooro Jonggrang. Alhasil hanya 999 yang dapat diselesaikan Bandung Bondowoso dan hal ini membuat muka dan mengutuk putro Roro Jonggrang menjadi sebuah batu untuk menjadi candi yang ke 1000 karena kecurangan yang dilakukan oleh sang putri. Karena kutukan ini, sang putri berubah menjadi Candi Prambanan yang dipercaya sebagai candi ke 1000 dalam legenda tersebut.

4Misteri Nyi Roro Kidul

Ilustrasi Nyi Roro Kidul (majalahparanormal.com)

Siapa yang belum pernah mendengar kisah tentang penguasa laut selatan ini. Legenda yang begitu terkenal di kalangan masyarakat Jawa dan Bali termasuk Yogyakarta yang berbatasan langsung dengan pantai selatan pulau Jawa. Masing-masing daerah memiliki cerita tersendiri tentang sosok Nyi Roro Kidul sang Ratu pantai selatan. Di masyarakat Kota Jogja cerita yang terkenal adalah ketika kerajaan di zaman Sultan Agung terjadi sebuah malapetaka yang menjadikan suasanan menjadi kacau. Sultan Agung kemudian meminta bantuan kepada penguasa alam halus yang merupakan jelmaan Dewi Nawang Wulan, sang bidadari cantik dari khayangan yang kemudian dikenal sebagai Nyi Roro Kidul. Sang Ratu pun bersedia mengirimkan ribuan pasukan untuk menyelesaikan malapetaka yang terjadi dengan syarat Sang Sultan dan seluruh keturunannya bersedia menjadi suami sang Ratu dan memberi persembahan bagi sang Ratu yang saat ini dikenal dengan nama labuhan. Menurut Almarhum Mbah Marijan hingga saat ini masa pemerintahan Sri Sultan HBX perjanjian terbeut masih berlaku dan akan terus berlanjut. Jika perjanjian tersebut dilanggar, maka akan terjadi malapetaka seperti zaman dahulu saat Sultan Agung menjabat sebagai Raja.

5Misteri Lorong Tamansari dan Sumur Gemuling

Tamansari Yogyakarta (balistarisland.com)

Tamansari merupakan situs komplek budaya yang diyakini dulu merupakan tempat peristirahatan dan pemandian para sultan jaman dahulu. Taman atau mungkin dapat disebut Istana ini memiliki danau buatan yang masih terawat hingga saat ini dan menjadi daya tarik wisatawan. Selain danau buatan, Tamansari juga terdapat juga masjid kuno yang disebut sumur gemuling. Untuk mencapai ke Sumur Gemuling, pengunjung dapat melewati lorong-lorong bawah tanah yang menyerupai labirin yang diberi nama Tajug. Menurut cerita yang beredar, lorong-lorong ini dulu merupakan jebakan untuk mengelabuhi para penjajah. Tapi dalam kepercayaan masyarakat lokal Jogja, lorong ini dipercaya merupakan jalan keluar bagi para Raja jika terjadi peperangan, dan lorong-lorong ini terhubung dengan tempat-tempat yang tidak kalah sakral seperti pantai selatan. Kebayang gak seberapa panjang lorong bawah tanah ini? Dan jika benar cerita tersebut, akan muncul pertanyaan lain, semodern apakah kota pelajar ini pada zaman dahulu hingga mampu membuat lorong sepanjang kurang lebih 25 km.

6Misteri Ringin Kurung (Ringin Kembar)

Alun Alun Kidul (rentalmobilyogyakarta.net)

Ringin kurung merupakan 2 buah pohon beringin besar yang terletak di tengah alun-alun selatan Yogyakarta. Pohon beringin kembar ini sekarang menjadi icon tersendiri bagi kota jogja karena adanya tradisi “Masangin”, yaitu berjalan dengan mata tertutup untuk bisa lewat diantara kedua pohon beringin tersebut. Tradisi ini kian populer dengan adanya mitos bahwa bagi siapa yang dapat melakukan tradisi masangin maka apapun permintaan orang tersebut bakal terpenuhi. Dan bagi yang gagal maka itu mencerminkan bahwa hati orang tersebut kurang bersih. Tradisi ini begitu terkenal di Jogja hingga mungkin ke pelosok lain di tanah air. Hal ini dapat dilihat antusias wisatawan ketika berkunjung ke alun-alun kidul Jogja selalu mencobanya, jadi ringin kembar ini tidak pernah sepi pengunjung di malam hari. Selain tradisi tersebut, mitos lain yang beredar adalah Ringin kurung merupakan gerbang penangkat bagi kerajaan. Konon zaman dahulu banyak tentara penyerang yang akan kehilangan kekuatan dan akal pikiran ketika melewati pohon beringin tersebut.

7Misteri Gunung Api Purbakala

Puncak Nglanggeran

Gunung api yang pernah aktif sekitar 30-60 juta tahun yang lalu ini kini telah menjadi objek wisata yang menawarkan keindahan alami yang tidak boleh dilewatkan. Keindahan batuan aglamerat dan breksi gunung api dengan ukuran sangat besar mampu memikat siapapun untuk mendaki ke atas puncaknya. Dibalik keindahan Gunung Api Purba ini, tersimpan mitos yang hingga kini terus dijaga oleh masyarakat asli Gunung Nglanggeran. Mitos apakah itu?

Mitos yang dipercaya masyarakat setempat adalah hanya boleh ada 7 kepala keluarga yang tinggal di daerah tersebut. Konon jika terdapat 8, maka akan ada 1 kepala keluarga yang meninggal. Dan jika jumlahnya kurang dari 7, maka akan terjadi hal-hal buruk yang tidak diinginkan. Lalu bagaimana jika ada anak dari daerah tersebut menikah? Anak tersebut atau salah satu dari kepala keluarga mengalah untuk pindah ke daerah lain di dekat wilayah tersebut.

8Misteri Pasar Bubrah Merapi

Pasar Bubrah Merapi

Pasar bubrah merapi adalah sebuah daratan yang sangat dekat dengan puncak Gunung Merapi. Reruntuhan bebatuan dari puncak merapi yang berserakan seolah membentuk sekelompok bangunan yang rusak (Bubrah). Bagi para pendaki gunung, legenda pasar bubrah merapi ini sudah sangat terkenal. Kenapa disebut pasar bubrah? Hal ini dikarenakan banyak orang yang kesana merasakah suasana yang riuh layaknya berada di tengah-tengah pasar tradisional, padahal di lokasi tersebut hanya terdapat reruntuhan batu dari Puncak Gunung Merapi. Sontak saja hat itu membuat siapapun yang pernah merasakan sensasinya menjadi merinding ketakutan.

Bertanya-tanya mengapa hal tersebut bisa terjadi. Menurut sejarah yang diutarakan oleh masyarakat sekitar, di lokasi tersebut memang terdapat kehidupan yang kemudian hilang karena letusan Gunung Merapi. Dan riuh ramai yang dirasakan para pendaki tersebut terjadi karena makhluk ghaib dari penduduk kampung yang hilang. Percaya atau tidak,,, mungkin yang memiliki jiwa pemberani dan siap berpetualang ke lereng gunung merapi bisa mencoba camping di sana, hehe

5/5 (1)

Please rate this