Pantai Parangtritis, Wisata Jogja Terbaik Untuk Liburan Tahun Baru 2018

561
views
pantai parangtritis
Pantai Parangtristis

Pantai Parangtritis merupakan salah satu ikon objek wisata Kota Jogja. Rasanya tak lengkap mengunjungi Yogyakarta tanpa berwisata ke Pantai Parangtritis. Pantai ini berlokasi di kecamatan Kretek Kabupaten Bantul. Lokasi pantai ini sangat strategis di dekat kota, hanya membutuhkan waktu satu jam untuk menuju lokasi Pantai Parangtritis. Pantai ini banyak dikunjungi oleh wisatawan baik lokal, luar kota, maupun mancanegara. Karena aksesnya yang mudah dan pantainya yang luas (dibanding dengan pantai di Jogja yang lainnya), menjadikan pantai parangtritis menjadi tujuan wisata rombongan. Mulai dari rombongan anak sekolah hingga rombongan pegawai.

Selain terkenal dengan keindahan alam pantainya, Parangtritis juga tersohor akan cerita mistis-nya. Pantai Parangtritis dipercaya sebagai perwujudan trimurti Yogyakarta, yaitu benda, ikon, atau yang lainnya yang sangat melekat pada mistis di kota Yogya. Trimurti terdiri dari Gunung Merapi yang mempunyai elemen api, Pantai Parangtritis yang mempunyai elemen air serta Keraton Yogyakarta yang berperan sebagai penyeimbang keduanya. Letak trimurti tersebut membentuk garis lurus dari utara ke selatan Yogya (Baca: Misteri Garis Imajiner Yogyakarta).

Banyak masyarakat setempat dan wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri yang percaya bahwa Pantai Parangtritis merupakan pintu menuju gerbang istana laut selatan yang merupakan kekuasaan dari ratu selatan yang dipimpin oleh Nyi Roro Kidul. Salah satu mitos yang populer adalah cerita tentang Nyi Roro Kidul yang menyukai benda benda berwarna hijau, mitos ini sangat dijaga dan dipercaya oleh masyarakat setempat.

Wisata Pantai Jogja
Wisata Pantai Jogja

Ada larangan mengenakan baju atau benda benda yang berwarna hijau bagi wisatawan yang hendak berkunjung ke Pantai Parangtritis. Konon katanya jika wisatawan ada yang mengenakan baju atau benda berwarna hijau dan Nyi Roro Kidul tertarik, wisatawan tersebut akan diseret oleh ombak pantai selatan ke tengah lautan dan dijadikan sebagai prajurit di Istana Laut Selatan. Banyak korban yang sudah berjatuhan dan tidak ditemukan sampai saat ini.

Mitos lain yang menyelimuti Pantai Parangtritis, salah satunya lokasi pantai ini dipercaya sebagai tempat bertemunya Sunan Kalijaga setelah usai menjalani pertapaan dengan Panembahan Senopati. Hal ini mengilhami beberapa wisatawan yang bekunjung ke Pantai untuk bersemedi mencari ketenangan seperti yang dilakukan oleh Panembahan Senopati. Pantai ini juga dijadikan lokasi berlangsungnya upacara labuhan dari Keraton Yogya.

Lokasi Pantai Parangtritis

Kendaraan Atv Parangtritis
Kendaraan ATV Parangtritis ( img by: initempatwisata.com)

Pantai Parangtritis sangat tersohor akan keindahan pantainya dengan ombak yang sangat besar. Pantai ini terletak sekitar 28 Km dari kota Yogya. Lokasi pantai ini sangat mudah diakses karena berada tepat di tepi jalan Parangtritis dan banyak kendaraan umum yang bisa mencapai lokasi tersebut. Tiket masuk ke pantai adalah Rp. 5.000/ orang. Banyak fasilitas yang ada disana seperti parkir yang luas, warung makan, penginapan, dan lain lain. Wisatawan juga bisa juga bisa menyusuri keindahan pantai dengan menyewa ATV dengan tarif Rp. 50.000 – 100.000, atau bisa juga dengan menaiki kuda atau kereta kuda yang banyak disewakan disana

Selain bermain air di pantai ini, juga hal yang seru dilakukan adalah bersantai sambil menikmati indahnya matahari tenggelam, moment yang sangat ingin diabadikan.

5/5 (1)

Please rate this