Pesona Bawah Laut Pantai Sadranan Gunungkidul

108
views
Pantai Sadranan
Pantai Sadranan

Daerah kabupaten Gunungkidul Yogyakarta memang terkenal akan kekayaan wisata alamnya terutama wisata pantai. Salah satu wisata alam yang terkenal akan keindahan alam bawah lautnya adalah Pantai Sadranan. Pantai ini sangat cocok bagi Anda para pekerja yang sibuk dengan tumpukan pekerjaan sehari hari dan ingin melepaskan kepenatan dan refreshing. Anda bisa berwisata sekaligus menikmati keindahan bawah laut dengan mencoba olah raga snorkeling.

Lokasi wisata alam Pantai Sadranan berada di Dusun Pulegundes, Tepus, Gunung Kidul. Jika dibandingkan dengan lokasi wisata alam pantai lain, lokasi pantai ini memang agak tersembunyi karena diapit oleh Pantai Krakal, Pantai Silli, dan Pantai Ngandong. Namun keindahan pasir putih dan pemandangan bawah lautnya tak kalah mempesona jika dibandingkan dengan wisata alam lain yang ada di Yogyakarta.

Asal nama Pantai Sadranan berasal dari kata nyadran yaitu suatu kegiatan religi yang dilakukan oleh warga sekitar seperti sedekah laut sebagai ungkapan rasa syukur terhadap sang pencipta atas melimpahnya hasil laut yang menjadi sumber utama mata pencaharian warga sekitar. Pantai Sadranan banyak digunakan warga sekitar untuk tempat mencari nafkah dengan cara melaut mencari ikan dan hasil laut lainnya.

Keindahan bawah laut Pantai Sadranan sangat terkenal dan banyak menarik wisatawan untuk berkunjung. Pantai ini sangat ramai dikunjungi terutama pada musim liburan dan weekend. Jika Anda berkunjung kesini, Anda bisa menikmati keindahan laut dengan deburan ombaknya di malam hari dengan mendirikan tenda di pinggiran pantai.

Snorkeling Di Pantai Sadranan
Snorkeling Di Pantai Sadranan

Selain itu Anda juga bisa mencoba olahraga snorkeling untuk melihat indahnya pemandangan bawah laut pantai sadranan, ikan-ikan yang berwarna-warni, terumbu karang yang masih alami sebagai rumah bagi ikan-ikan kecil yang ada di pantai dan juga biota laut lainnya yang hidup di dalam pantai. Selain itu jangan lupa menggunakan pelindung kaki agar kaki tidak terluka akibat terkena karang dan tetap menjaga kelestarian alam dengan tidak merusak atau menginjak terumbu karangĀ  yang ada didalamnya.

Waktu yang tepat untuk melakukan olah raga snorkeling di Pantai Sadranan adalah pada saat laut sedang surut di pagi ataupun sore hari. Bagi Anda yang ingin mencoba snorkeling tetapi tidak membawa alat snorkel tidak perlu khawatir sebab di sana terdapat tempat untuk menyewa perlengkapan snorkel. Anda bisa menyewa dengan membayar Rp 50.000. Wisata alam ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai travelling sambil menikmati wisata alam bawah laut yang berupa indahnya batuan karang serta beraneka ragam biota laut yang hidup di dalamnya.

Jika Anda ingin berkunjung ke wisata alam pantai sadranan gunungkidul, Anda cukup membayar tiket masuk sebesar Rp. 10.000/orang . Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, maka Anda akan diikenakan tarif parkir sebesar Rp. 2.000 untuk kendaraan bermontor dan Rp. 5.000 untuk parkir mobil. Untuk menuju ke Pantai Sadranan, Anda bisa mengambil jalan lewat pantai krakal, lalu ikuti jalan sepanjang pantai krakal ke arah timur sampai menemukan petunjuk jalan masuk menuju area Pantai Sadranan.

Please rate this