27 Tempat Wisata di Sleman Yogyakarta Terbaru

960
views
Tempat Wisata Sleman Bersejarah
Tempat Wisata Sleman Bersejarah

Tempat wisata terbaru di sleman jogja tidak mengalami perkembangan yang siknifikan jika dibandingkan kabupaten lainnya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sebagaimana Kulon Progo yang memiliki perbukitan menoreh selalu ada wisata baru yang diresmikan. Kabupaten Bantul selalu memiliki wisata negeri di atas awan dengan gardu pandang yang keren. Kabupaten Gunungkidul terkenal dengan pantainya, sedangkan Sleman sendiri lebih dikenal wisata kaliurang.

Memang Kaliurang memiliki banyak pesona dibandingkan Sleman-nya sendiri. Namun meski begitu, wisata di sleman cukup lengkap mulai dari wisata untuk anak (edukasi), museum, wisata candi bahkan kuliner. Kini kita akan membahas wisata di daerah sleman selain yang masuk dalam jajaran wisata kaliurang ya.

1Candi Prambanan

Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan salah satu ikon wisata Yogyakarta, Candi peninggalan dari agama Hindu ini dibangun pada abad 9. Meski terkenal Obyek wisata jogja, candi prambanan ini terletak di dua provinsi, atau berada di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta dengan Jawa Tengah. Pengelolaan yang bagus, tempat strategis dan area yang luas menjadikan tempat wisata favorit bagi wisatawan rombongan dari luar kota. Misteri yang menyelimuti adalah legenda Nyi Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso bisa kamu pelajari di sini.

2Tebing Breksi

Tebing Breksi

Wisata alam yang berada di sleman ini tergolong wisata baru, namun sangat menyita perhatian wisatawan lokal maupun luar kota. Lokasinya yang searah dengan candi Ijo menjadikan objek wisata sleman ini mudah dalam mengenalkan ke masyarakat. Terlebih banyaknya spot foto di tebing breksi yang unik, membuat pengunjung tidak sabar untuk meng-upload foto ke sosial media. Berburu sunset di tebing breksi juga menjadi salah satu momen yang menyenangkan, sehingga wisata breksi ini selalu ramai di sore hari. Untuk tarif masuknya tergolong murah, karena cuma bayar seiklasnya.

3Candi Ijo

Candi Ijo

Candi Ijo berada di desa sambirejo, kecamatan Prambanan, kabupaten Sleman. Candi ini tidak begitu ramai tapi selalu ada pengunjung terutama di sore hari. Tempatnya berada sekitar 500 meter di atas wisata tebing breksi. Dari sini, kita dapat melihat pemandangan Kota Yogyakarta dari sisi timur. Baca selengkapnya Candi Ijo

4Candi Boko

Candi Ratu Boko

Masih berlokasi dekat dengan wisata Candi Prambanan, Jika Anda berkunjung ke candi prambanan, jangan lupa sekalian singgah di wisata Candi Boko ini. Menurut cerita, candi boko dulu merupakan bekas kerajaan Ratu Boko. Jadi tempatnya yang sangat luas dengan bangunan yang menyerupai istana akan Anda temui di sana. Berkunjung ke objek wisata candi boko lebih enak sore hari, sekalian menikmati sunset dengan suasanya kerajaan. Ada yang mengatakan bahwa sunset di candi boko adalah sunset terbaik lo..

5Candi Sambisari

Candi Sambisari

Candi Sambisari terletak di desa Sambisari, Purwomartani, Kalasan. Candi ini ditemukan kembali secara tidak sengaja oleh seorang petani ketika sedang mencangkul tanah pada tahun 1966. Candi tersebut telah terpendam dalam lapisan lahar Gunung Merapi setebal 6,5 meter. Pola pembagian halaman candi secara keseluruhan mirip dengan Candi Prambanan, namun dalam bentuk yang lebih sederhana. Hal ini disebabkan Candi Sambisari merupakan candi tingkat watak, sedangkan Candi Prambanan merupakan candi tingkat kerajaan. Baca selengkapnya candi sambisari wisata budaya.

6Candi kalasan

Candi Kalasan Yogyakarta

Walaupun lokasi Candi Kalasan masih dekat dengan Candi Prambanan, namun Candi Kalasan masih belum populer dan belum banyak dikunjungi. Candi Kalasan yang tak kalah bagusnya dengan Candi Prambanan. Malahan kamu bisa menikmati suasana yang santai karean tidak banyak orang disini. Candi yang merupakan peninggalan dari agama Buddha ini adalah candi tertua di Yogyakarta, dan menjadi salah satu wisata Sleman yang eksotis.

7Candi sari

Candi Sari

Candi Sari adalah candi yang merupakan peninggalan dari agama Buddha. Dulunya Candi Sari dipakai sebagai wihara atau asrama pendeta. Hal ini mengacu pada adanya pembagian ruang di Candi Sari. Candi ini juga dibangun dalam periode waktu yang sama dengan Candi Kalasan yaitu sekitar abad 8 Masehi.

8Museum Affandi

Museum Affandi

Museum Affandi berada di Jalan Raya Yogyakarta-Solo nomor 167 atau berada di Jalan Solo Km 5,1. Depan kampus UIN Sunan Kalijaga. Museum ini merupakan museum lukisan karya affandi dan Maestro lainnya. Museum ini terdiri dari 3 galeri. Galeri 1 untuk pembelian tiket, galeri 2 merupakan tempat yang berisi lukisan yang dipajang dengan desain yang unik, dan galeri 3 tempat untuk mengasah bakat seni anak-anak.

9Jogjabay

Jogja Bay

Waterpark di Sleman ini selalu ramai pengunjung terutama hari libur, wisata bersama keluarga sangat rekomended di sini. Ada belasan wahana air yang dapat dimainkan. Baca selengkapnya waterboom jogja bay.

10Upside Down World

Upside Down World Jogja

Wisata indoor di sleman yang berada di ringroad utara, menjadi alternatif wisata dengan berburu foto unik. Di sini ada banyak ruangan yang disulap seolah-olah Anda terbaik / berada di atap. Menghasilkan foto yang unik, berkreasilah dengan gaya yang nyata supaya teman kamu heran melihatnya. Selengkapnya upside down world.

11Monjali (Monumen Yogya Kembali)

Monumen Yogya Kembali

Wisata daerah Sleman yang bisa digunakan untuk menghabiskan waktu libur selanjutnya adalah Monumen Yogya Kembali, yang berada di perempatan ringroad utara – jalan palagan. Tempatnya luas dan ada tamannya, sore menjelang malam sangat pas jalan-jalan di taman pelagi ini.

12Sindupark

Sindu Park

Sindu kusuma Edupark adalah wisata edukasi keluarga, berada di Jalan Jambon, Sinduadi, Mlati, Kabupaten Sleman. Objek wisata ini memiliki lebih dari 10 wahana. Wahanya yang paling hits adalah bianglala raksasa yang tingginya mencapai 48 meter, kebayang kan jika berada di atas Anda dapat melihat Kota Jogja yang padat. Nikmati 12 keseruan wahana di sindu park jogja.

Wisata Kaliurang

Untuk wisata daerah sleman yang ke 13 hingga 27 dapat Anda baca di 15 wisata kaliurang.

5/5 (1)

Please rate this