10 Tempat Wisata Dlingo, Mangunan Jogja yang Hits

0
491
views
wisata alam dlingo
Gardu Pandang Hutan Pinus Asri

Membahas wisata alam di jogja tidak ada habisnya, karena di sisi timur jogja terdapat banyak perbukitan salah satunya Dlingo. Dlingo adalah kecamatan di Bantul yang memiliki banyak bukit dan diberdayakan oleh masyarakat sekitar dijadikan obyek wisata Bantul yang menarik. Berikut beberapa wisata alam dlingo, wisata mangunan yang nge-hits dapat menjadi koleksi Instagram Anda.

1Grojogan Lepo Dlingo

Air Terjun Lepo. by travel.detik.com

Grojogan lepo adalah satu-satunya air terjun yang bisa digunakan mandi dan fisilitas yang sudah memadai di Dlingo. Wisata air terjun ini menjadi destinasi wisata favorit muda-mudi yang hobi dengan air. Ada 3 tingkat air terjun di Lepo, ketiganya terdapat kolam kecil yang dapat dimanfaatkan untuk berendam layaknya kolam renang pribadi. Airnya yang jernih dan mengalir serta rindangnya pepohonan menambah sejuknya tempat liburan tersebut.

2Puncak Becici

Wisata Alam Puncak Becici Dlingo. via piknikasik.com

Puncak Becici merupakan hutan pinus yang dikelola oleh warga, dulunya hanya hutan pinus yang disadap getahnya. Setelah dikelola sebagai lokasi wisata di akhir 2015, tidak ada lagi penyadapan pohon pinus. Mereka fokus mengelola sebagai obyek wisata, ada sekitar 4 hektar dengan hawa yang sejuk. Pada sore hari, pengunjung bisa menikmati sunset. Karena puncak becici sendiri berada di tembing yang agak menjorok dan menghadap ke barat, sehingga pemandangan kota yogyakarta sampai gunung merapi terlihat dengan jelas dari puncak becici ini.

3Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan. via youtube.com

Negeri di atas awan, begitulah julukannya, karena dari atas bukit mangunan ini kamu bisa melihat pemandangan kabut tebal menyelimuti pengunungan sewu dan sungai Oyo. Namun untuk melihat kabut tebal tersebut kamu harus datang sebelum matahari terbit, meski belum tentu juga akan ada kabut, kamu dapat menikmati matahari terbit ditengah sejuknya udara perbukitan.

4Hutan Pinus Mangunan

Prewedding Di Hutan Pinus Mangunan. by fotoindong.com

Wisata alam dlingo yang ke 3 adalah hutan pinus. Suasana hutan pinus yang selalu disebut-sebut seperti hutan di Forks dalam sebuah film Hollywood menjadi daya tarik tersendiri bagi para pencinta fotografi dan penggila selfie. Hingga tak heran hutan pinus ini sering didatangi untuk keperluan fotografi termasuk pre-wedding. Bahkan pengelola setempat sengaja membangun spot foto khusus digunakan untuk pre-wedding.

5Gardu Pandang Pinus Asri

Gardu Pandang Hutan Pinus Asri

Berbeda dengan spot wisata alam lainnya, di Hutan Pinus Asri ini memiliki gardu pandang yang sangat bagus dan juga kokoh dimana terbuat dari papan kayu yang terlihat begitu menarik. Saat berkunjung ke Hutan Pinus Asri ini, maka salah satu spot yang selalu tak pernah sepi didatangi wisatawan ialah pada gardu pandang ini.

6Pinus Pengger

spot foto romantis Pinus Pennger. by: @indriadesh

Popularitas Wisata Pinus Pengger ini memang baru melejit setelah pamor Hutan Pinus Mangunan dan puncak becici selama beberapa bulan terakhir. Jaraknya yang cukup dekat dan masuk dalam deretan wisata alam dlingo, nyatanya membuat wisatawan tidak mau ketinggalan untuk menikmati panorama cantik yang ditawarkan oleh wisata hutan pinus jogja ini. Spot foto yang disediakan tidak kalah dengan dengan wisata puncak yang lain, ada rumah pohon, sangkar burung raksasa, dan tangan cinta. Terlebih jika kamu berkunjung pada malam hari, dapat melihat gemerlapnya Kota Jogja, yang menambah suasana romantis bersama pasangan.

7Bukit Panguk Kediwung

Bukit Panguk. via @cornelaanandaa / instagram.com

Bukit Panguk Kediwung juga sering disebut “Negeri di Atas Awan”, karena di gardu pandang bukit ini kita bisa melihat hamparan awan yang luas nan putih, terutama ketika pagi hari. Obyek wisata bantul yang baru diresmikan pada Mei 2016 ini mulai hits karena panoramanya yang indah dan berada tidak jauh dari lokasi wisata lainnya, berjarak sekitar 2 km dari Kebun Buah Mangunan. Tiket masuk wisata ini cukup membayar biaya parkir Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil

8Seribu Batu Songgo Langit

Rumah Hobbit. via @anggawardani / instagram.com

Wisata Seribu Batu Songgo Langit, jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, memiliki arti “Seribu Batu yang Menopang Langit”, karena memang di tempat wisata ini banyak bebatuan yang bisa kamu jadikan objek berfoto. Keindahan yang ditawarkan adalah gardu pandang yang hampir sama dengan tempat wisata mangunan lainnya. Namun yang istimewa adalah adanya rumah hobbit dan rumah kayu yang menjadi tempat berfoto.

9Bukit Lintang Sewu

via hargaundanganpernikahan.com

Lokasi bukit Lintang sewu ini terletak di desa Muntuk Kecamatan dlingo Kabupaten bantul. Tidak jauh dari Hutan Pinus Asri, sekitar berjarak 500 meter sebelah utaranya. Namun panorama yang ditawarkan berbeda, di bukit lintang sewu memiliki gardu pandang dengan hamparan hutan Kayu Putih. Untuk melihat sunset juga sangat bagus, karena gardu pandang di lintang sewu lumayan luas dan mengarah ke barat. Spot foto yang digemari adalah dua tugu yang berada di tepi jurang, dengan pemandangan hijaunya alam pegunungan. Tiket masuk masuk Lintang Sewu Dlingo ini, pengunjung cukup membayar Rp. 2.000 dan biaya parkir Rp 2.000 untuk motor, Rp 3.000 untuk mobil

10Jurang Tembelan

Jurang Tembelan Kanigoro mulai dikenal karena gardu pandangya yang mirip dengan Kebun Buah Mangunan. Dengan spot foto kapal dari bambu, kamu dapat bergaya layaknya film titanic. Untuk biaya masuk seiklasnya dan biaya parkir Rp 2.000 untuk motor.

5/5 (2)

Please rate this

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*