Rute dan Tiket Masuk Kebun Teh Nglinggo Kulon Progo

Kebun Teh Kulon Progo

Kebun Teh Nglinggo Samigaluh Kulon Progo, Apakah anda sedang berencana liburan tahun baruan 2018 di Jogja? Maka tak ada salahnya berkunjung ke Kebun The Nglinggo Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta. Pasalnya kawasan tempat wisata tersebut memilki pemandangan hijau yang sangat indah. Ditambah lagi, suasana udara cukup segar sehingga bisa menjadi alternative tujuan liburan untuk mengawali tahun baru 2018.

Awalnya tempat wisata ini hanya sebuah Perkebunan Kulon Progo yang dilakukan pembibitan teh. Hingga kebun teh ini dibuka untuk umum sebagai tempat wisata yang ramai dikunjungi wisatawan. Rupanya Kebun Teh Nglinggo Kulon Progo merupakan kebun teh satu-satunya di Kota Yogyakarta.

Lokasi dan Rute Menuju Tempat Wisata

Hamparan Hijau Kebun Teh Jogja

Secara administratif Kebun Teh Nglinggo berada di Dusun Nglinggo, desa pagerharjo,  Kecamatan Samigaluh, Kab. Kulon Progo, Yogyakarta. Lokasinya berada di ujung barat Yogyakarta, di pucuk perbukitan menoreh. Apabila anda berada di Kota Jogja maka   lihatlah ke arah barat, dari selatan ke utara akan terlihat barisan perbukitan menoreh. Rupanya di ujung sebelah utara itulah kebun Teh Nglinggo Samigaluh berada.

Sebetulnya rute yang paling cepat untuk menuju ke Desa Wisata Nglinggo Samigaluh adalah melewati jalan godean. Bahkan dari tugu Jogja ambil saja arah kebarat kurang lebih 18 Km menuju ke kabupaten Kulon Progo. Setelah melewati jembatan kali progo anda  akan menemukan lampu merah, belok lah kekanan kurang lebih 18 km sampai menemukan lampu merah berikutnya. Nah, lampu merah kedua itu adalah perempatan dekso, ambil saja arah kekiri kurang lebih 10 km dan akan menemukan pasar plono. Selanjutnya, ikuti saja petunjuk arah sampai menuju ke pintu retribusi kebun the tersebut.

Wisata Alam di Kebun Teh Nglinggo  Kulon Progo

Pemkab Kulon Progo bekerjasama dengan petani teh samigaluh dan PT. Pagilaran yang meluncurkan produk teh yang diberi nama teh wangi suroloyo. Namun rupanya sebelum bekerjasama petani tradisional kulonprogo menjual daun teh nya ke luar wilayah yang dirasa merugikan. Selain Produk teh, kebun teh Samigaluh juga terkenal dengan puncak kedeng gunung kukusan. Jalan menuju ke puncak memang sengaja tidak di cor, karena anda benar-benar  akan merasakan suasana alami pegunungan menoreh dengan tanah merah lengket yang menempel di alas kaki.

Fasilitas di Kebun Teh Nglinggo Samigaluh

Kedai Teh Di Kebun Teh Kulon Progo

Jika menghendaki untuk menginap untuk berburu sunrise atau menikmati pagi hari di perkebunan teh, anda bisa beristirahat di homestay yang lengkap dengan tempat tidur, toilet yang bersih. Pemilik homestay pun akan mempersiapkan makanan tradisional khas daerah samigaluh. Selain itu, diseputar Kebun Teh Nglinggo juga sudah tersedia warung-warung kecil yang menyediakan makanan dan minuman ringan. Area parkir juga sudah disediakan sedemikia rupa sehingga dihjamin mampu menampung kendaraan para wisatawan.

Itu dia Kebun The Nglinggo Samigaluh dengan pemandangan hijau nan alaminya. Walapun dimusim kemarau sekalipun suasana di Kebun Teh Nglinggo samigaluh akan tetap hijau dan segar sepanjang hari.