Wisata Puncak Suroloyo, Inilah Negeri Diatas Awan Jogja

Puncak Suroloyo (kbatur.com)

Keindahan wisata Puncak Suroloyo – Yogyakarta adalah sebuah wilayah di Pulau Jawa yang memiliki status sebagai daerah istimewa setingkat propinsi dengan nama Daerah Istimewa Yogyakarta, wilayah yang satu ini memang sudah dikenal luas sebagai salah satu tujuan wisata terfavorit bagi para wisatawan baik dari dalam negeri maupun mancanegara. Hal tersebut dikarenakan wilayah Jogja memiliki berbagai macam tempat menarik dengan panorama alam indah yang sangat layak untuk Anda jadikan sebagai destinasi wisata saat liburan.

Salah satu tempat menarik di Yogyakarta yang bisa Anda kunjungi adalah Puncak Suroloyo yang mana merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Objek wisata alam yang satu ini berada di wilayah Kulonprogo yang mana akan menyajikan keindahan panorama alam yang sangat memukau sehingga banyak dikunjungi oleh para wisatawan yang datang dari berbagai daerah di Indonesia bahkan hingga luar negeri, di bawah ini akan kami ulas mengenai keindahan dari objek wisata Puncak Suroloyo.

Segarnya Berwisata ke Puncak Suroloyo

  1. Lokasi dan Akses ke Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo merupakan salah satu objek wisata alam yang lokasi persisnya berada di Dusun Keceme, Desa Gerbosari, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta. Akses untuk mencapai objek wisata ini pun terbilang mudah di mana Anda bisa memilih dua rute yang tersedia. Jika Anda berasal dari Yogyakarta maka Anda bisa menempuh jalur Godean Kenteng – Nanggulan – Kalibawang – Suroloyo, selain itu Anda juga bisa menggunakan jalur alternatif melalui Borobudur.

Anak Tanggan Puncak Suroloyo
  1. Asal Muasal Suroloyo

Objek wisata yang satu ini ternyata memiliki legenda tersendiri di mana konon Puncak Suroloyo merupakan tempat singgasana dari para Dewa Kahyangan, hal ini sesuai dengan kisah dalam pewayangan di mana Suroloyo merupakan tempat bermukimnya para Dewa. Puncak Suroloyo sendiri berada di ketinggian 1091 meter di atas permukaan laut, di Puncak Suroloyo ini Anda juga akan bisa menjumpai sebuah arca dari Bathara Guru yang sedang menaiki lembu Andhini.

  1. Keindahan Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo sendiri akan menyajikan kepada Anda sebuah panorama alam yang sangat indah sehingga akan membuat Anda terpesona. Dari Puncak Suroloyo ini Anda akan bisa menyaksikan beberapa puncak gunung dengan jelas antara lain Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, dan juga Sumbing, bahkan Anda akan bisa melihat Candi Borobudur apabila cuaca sedang cerah. Selain itu di Puncak Suroloyo ini Anda akan bisa menikmati udara yang sejuk dan segar serta alamnya yang asri.

  1. Fasilitas dan Tarif Masuk

Jika Anda memiliki rencana untuk pergi berlibur ke Puncak Suroloyo maka Anda tidak perlu khawatir sebab tempat wisata yang satu ini sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap di antaranya adalah kamar mandi dan toilet serta warung makan yang banyak terdapat di lokasi. Untuk bisa menikmati keindahan alam Puncak Suroloyo maka Anda harus membayar tarif masuk yang sangat terjangkau yakni sebesar 2 ribu rupiah per orang sebelum masuk ke lokasi wisata.

Puncak Suroloyo merupakan salah satu objek wisata alam yang berada di Kabupaten Kulonprogo Yogyakarta di mana Anda bisa menyaksikan pemandangan yang indah.